Pembatasan Covid-19 Dilonggarkan saat Kasus Infeksi Melonjak, PM Belanda Minta Maaf

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte meminta maaf karena pembatasan Covid 19 dicabut terlalu cepat ketika kasus infeksi virus corona melonjak ke level tertinggi, Senin (12/7/2021). Dilansir Jumat lalu (9/7/2021), Rutte memberlakukan pembatasan untuk operasional bar, restoran, dan klub malam. Kebijakan itu dikeluarkan pemerintah untuk membendung serentetan infeksi Covid 19 di kalangan orang dewasa muda.

Aturan itu diterapkan hanya dua minggu setelah sebagian besar tindakan penguncian dicabut karena kasus infeksi Covid 19 sempat menurun. Pemerintah juga membatalkan semua festival dan acara yang digelar dengan kerumunan besar hingga 14 Agustus 2021. "Apa yang kami pikir mungkin, ternyata tidak mungkin dalam praktiknya," kata Rutte kepada wartawan, Senin (12/7/2021).

"Kami memiliki penilaian yang buruk, yang kami sesali dan kami minta maaf." Permintaan maafnya menandai perubahan tajam dari sikapnya pada Jumat (9/12/2021), ketika ia berulang kali membela pelonggaran pembatasan sebelumnya sebagai "langkah logis" dan menolak untuk disalahkan atas kemungkinan salah urus oleh pemerintahnya. Sikapnya menuai kritik tajam dari otoritas kesehatan, yang mengatakan pemerintah telah berhati hati karena mendorong kaum muda untuk keluar lagi.

Sekitar 30 penyelenggara festival dansa dan acara besar, termasuk Grand Prix F1 Belanda Zandvoort selama tiga hari, bergabung dengan gugatan yang diajukan oleh perusahaan hiburan ID&T terhadap negara yang berusaha membatalkan pembatasan, kantor berita ANP melaporkan pada Senin. Grand Prix Belanda dijadwalkan berlangsung dari 3 5 September, setelah langkah langkah saat ini ditetapkan untuk dicabut, tetapi bisa berisiko jika tingkat infeksi tidak turun. Jumlah infeksi virus corona di Belanda telah melonjak delapan kali lipat dalam seminggu ke level tertinggi pada 2021 sejak bar, restoran, dan klub malam dibuka kembali.

Lonjakan infeksi tidak menyebabkan peningkatan signifikan dari penerimaan rumah sakit Covid 19. Tetapi Menteri Kesehatan Hugo de Jonge memperingatkan bahwa ini dapat terancam oleh peningkatan infeksi yang "belum pernah terjadi sebelumnya" saat ini. Sementara itu pada Selasa (13/7/2021) melaporkan penambahan kasus baru sebanyak 8.441 di Belanda.

Sehingga kini totalnya 1.736.879. Lalu ada satu kematian baru, dengan total 17.766. Sebanyak 1.653.938 pasien telah dinyatakan sembuh.

Belanda ada di urutan ke 20 dunia berdasarkan jumlah total kasus infeksi Covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published.