Pemerintah Berhasil Bawa Pulang 26 WNI dari Afghanistan, Pengamat: Patut Diapresiasi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan kabar baik terkait nasib Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Afghanistan. Seperti diketahui, situasi di Afghanistan sedang memanas karena pengambilalihan kekuasaan yang dilakukan kelompok Taliban. Retno mengatakan pihaknya telah berhasil mengevakuasi 26 WNI dari Afghanistan.

Kabar itu diungkapkan Menlu lewat akun Twitter nya, @Menlu_RI, Jumat (20/8/2021). "Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU," tulis Retno. Saat ini, pesawat TNI AU yang membawa sejumlah WNI ini sedang dalam perjalanan pulang ke Indonesia.

Adapun 26 WNI ini termasuk staff kedutaan hingga warga negara lain. "Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staff KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staff lokal KBRI)," imbuhnya. Langkah tanggap pemerintah dalam mengevakuasi WNI dari negara Timur Tengah ini pun mendapat apresiasi dari Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana.

Hikmahanto mengatakan evakuasi ini merupakan upaya penyelamatan pemerintah Indonesia terhadap warganya yang patut diapresiasi mengingat kompleksitas penyelamatan, disamping energi dan dana yang dibutuhkan. “Penyelamatan ini merupakan bentuk dari tanggung jawab negara terhadap warganya pada saat warganya berada di suatu negara yang sedang menghadapi suatu permasalahan." "Baik situasi politik yang tidak menentu ataupun adanya pandemi,” ujar Hikmahanto kepada , Jumat (20/8/2021).

Ia menjelaskan pemerintah Indonesia melakukan evakuasi tidak berarti pemerintah tidak percaya dengan jaminan yang telah diberikan oleh Taliban yang saat ini menguasai berbagai wilayah di Afghanistan. Menurutnya, WNI yang saat ini berada di Afghanistan, seperti sebagian WNA di Afghanistan bahkan sebagian masyarakat Afghanistan. Dimana, tentunya ingin dirinya selamat dalam situasi yang tidak menentu di Afghanistan ini,

“Bagi WNI yang terjebak dalam situasi yang tidak menentu di Afghanistan tentu mereka bangga menjadi WNI dengan kehadiran negara untuk melakukan evakuasi,” ucapnya. Sebelumnya, pemerintah diminta untuk segera mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Afghanistan. Hal itu disampaikan oleh anggota Komisi I DPR RI Farah Puteri Nahlia.

Menurut Farah, keselamatan WNI adalah hal yang penting untuk diprioritaskan. Ia juga meminta pemerintah untuk melakukan koordinasi dengan KBRI di sana. "Segera evakuasi WNI di Afghanistan jika terjadi eskalasi keamanan di sana sebagai upaya perlindungan WNI di luar negeri."

"Lakukan monitoring dan koordinasi intensif dengan Duta Besar di Kabul untuk membuka posko evakuasi bagi WNI," kata Farah, Selasa (17/8/2021), dikutip dari laman dpr.go.id. Dikatakannya, beberapa negara telah mengambil tindakan untuk membawa pulang warga negaranya dari negara Timur Tengah itu. Untuk itu, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dianggap perlu bertindak cepat terkait situasi ini.

Tak lupa, lanjut Farah, Kemenlu juga harus melakukan pendataan yang akurat tentang jumlah WNI di sana. "Pastikan mereka dalam keadaan aman dan penuhi kebutuhan mereka sampai bantuan untuk evakuasi datang." "Karena keselamatan WNI merupakan prioritas pemerintah Indonesia," ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.