Uni Eropa Janjikan 200 Jutaan Dosis Vaksin untuk Afrika

Uni Eropa (UE) berkomitmen memberikan lebih dari 200 juta dosis vaksin virus corona (Covid 19) ke Afrika untuk membantu menekan pandemi virus tersebut dalam skala global. Dikutip dari laman The Journal, Rabu (15/9/2021), Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan pada hari Rabu waktu setempat bahwa sumbangan baru yang akan diserahkan sepenuhnya pada pertengahan tahun 2022 ini akan diberikan sebagai tambahan dari 250 juta yang telah dijanjikan sebelumnya. Ia juga menggarisbawahi tekad UE untuk meningkatkan peran dalam mengatasi tantangan yang dihadapi negara negara berpenghasilan rendah.

Langkah ini disebut sebagai 'investasi dalam solidaritas dan kesehatan global'. Selain mengirimkan 700 juta dosis ke Eropa, blok 27 negara juga ini juga telah mengirimkan donasi vaksin ke 130 negara. "Kami adalah satu satunya kawasan di dunia yang mencapai ini," kata von der Leyen dalam pidato kenegaraan UE di hadapan Parlemen Eropa.

"Prioritas pertama dan paling mendesak adalah untuk mempercepat vaksinasi global. Dengan kurang dari 1 persen dosis global yang diberikan kepada negara negara berpenghasilan rendah, skala ketidakadilan dan tingkat urgensinya sangat jelas," tegas von der Leyen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.