Tips Memilih Oli Samping untuk Motor 2 Tak

Bagi kamu yang baru memiliki motor 2 tak, ada beberapa cara untuk mengetahui apakah pilihan oli samping terbaik cocok untuk motor kamu. Ada beberapa cara dalam memilih oli samping yang cocok bagi motor kamu. Ada banyak berbagai merek dan tipe oli samping di pasaran yang mungkin bisa membuat pengguna motor 2 tak bingung dalam memilih oli samping yang cocok untuk motornya. Harga yang lebih mahal biasanya belum tentu cocok digunakan untuk mesin 2 tak kamu, loh!

Pada dasarnya oli samping semua sama, namun yang membedakan adalah bahan dasar dan additif yang digunakan oleh pabrikan oli. Terus apa saja sih tips-tips untuk memilih oli samping untuk motor dua tak? Mari kita ulas bersama pada artikel ini.

  1. Jenis Zat Additif

Ada jenis zat additif low smoke yang membuat asap knalpot lebih tipis dan parfum supaya asap menghasilkan wangi tertentu.

  1. Lihat Spesifikasi Oli

Faktor yang paling penting dalam memilih oli samping adalah lihat dari spesifikasinya. Caranya mudah, kamu hanya tinggal melihat kode JASO (Japanese Automobile Standart Organization) yang tercantum dalam kemasan untuk lebih lengkapnya. Oli dengan kode JASO FC bisa dipergunakan untuk penggunaan motor yang bersifat harian. Kode JASO FD biasanya spek oli yang lebih baik.

  1. Viskositas Oli

Biasa dikenal dengan SAE (Society of Automotive Engineers) biasanya diperuntukan untuk mengukur kekentalan oli atau viskositas. Untuk lebih mudah mengetahui kekentalan oli, bisa dilihat dengan acuan angka dimana jika semakin besar indeksnya, maka semakin tinggi tingkat kekentalannya.

  1. Standart API

Oli samping dengan standar API (American Petrolum Assocation) biasanya hampir digunakan diseluruh Amerika dan Eropa. Secara umum, oli dengan standar API ini harus lulus uji oksidasi oli, anti karat, korosi, kontrol deposit, daya lumas, dan keausan mesin.

 

  1. Pilih Sesuai Budget

Seperti yang sudah diutarakan di awal, bahwa oli samping yang mahal bukan jaminan untuk para two stroke lovers untuk menggunakannya. Bisa jadi dengan harga yang lebih terjangkau, kamu bisa mendapatkan oli samping yang cocok untuk motor kamu.

  1. Ikuti Anjuran Bengkel

Jika bingung, kamu bisa mengikuti anjuran dari bengkel untuk penggunaan oli samping untuk motor 2 tak kamu. Bengkel akan memastikan kamu menggunakan oli yang tepat dengan tipe motor 2 tak yang sedang kamu pergunakan.

Selain itu, kamu juga harus perhatikan hal yang satu ini yaitu selalu menggonta-ganti oli samping pada motor kamu. Jika kamu sering mengganti oli samping dan mencampurnya, maka akan menimbulkan dampak yang kurang baik pada mesin motor kamu. Sebaiknya kamu juga menghindari hal ini, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.